Selasa, 21 Oktober 2014

GALAU USAHA.?!!

Belakangan ini banyak orang di facebook terutama di grup yang berbau wirausaha yg menulis status galau ttg usaha. ada yg menulis status ( py uang 1jt,3jt ato bahkan lbh tp msh bingung mo buka usaha apa? Ato ada jg yg bingung cari usaha apa yg tanpa modal.).

Menurut saya, tidak ada yang namanya bisnis tanpa modal sama sekali, saya lebih setuju jika disebut bisnis dengan modal kecil. Bila kita menggali peluang usaha di sekitar kita, sebenarnya kita bisa menemukan beberapa bisnis tanpa modal besar yang bisa kita jalankan. Dengan belajar terus-menerus dan selalu berusaha dalam menggali potensi bisnis di sekitar kita, pasti kita akan bisa membangun sebuah bisnis yang berhasil.
Saya sendiri sudah pernah/ masih menjalankan beberapa bisnis yang memang tidak butuh modal materiil, misalnya menjadi reseller atau menyediakan jasa kurir dan lain- lain. Namun untuk kita berpromosi kita tetap mengeluarkan biaya meski tidak banyak.
beberapa contoh bisnis tanpa modal besar yang bisa dikerjakan oleh siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, baik secara online ataupun offline. Misalnya:

1. Menjadi Penjual Produk Orang Lain (reseller atau dropship)
Menjadi seorang reseller, kita tidak perlu pusing dalam membuat sebuah produk yang akan kita jual. Kita hanya perlu fokus pada proses marketing dan penjualan produk orang lain.

2.Menjadi Seorang Blogger
Daripada waktumu habis cm bt nulis status galau di FB, mending u blajar ngeblog. Banyak blogger yang mempunyai penghasilan rutin dari blog yang dia kelola. Bila kita punya sebuah blog atau website dengan trafik pengunjung yang tinggi maka sangat bisa dipastikan bahwa blog itu akan bisa memberikan penghasilan rutin.

3. Menjadi Seorang Broker/ Agen
Jika Anda adalah seorang yang memiliki kemampuan marketing yang baik, maka Anda bisa mencoba menjadi seorang broker atau agen. Contohnya adalah menjadi seorang agen penjual property. Keuntungan dari menjual property bisa dari dua pihak, yaitu dari pemilik property dan juga dari pembeli property.

4. Menyediakan Jasa
Bisnis penyedia jasa sebenarnya bisa dikerjakan dengan tanpa modal yang besar, namun pada kebanyakan kasus, bisnis menyediakan jasa biasanya membutuhkan modal materiil yang tidak sedikit. Misalnya: jasa menulis artikel, jasa backlink atau bisnis jasa yang saya lakukan sekarang yaitu jasa kurir/ kirim barang atau pindahan. Klo boleh crita nih saya dulu mulai bisnis ini cm modal sepeda motor buat keliling nempel pamlet, trus klo ada muatan kirim barang saya pinjem/nyewa kendaraan orang lain entah itu kendaraan roda 3 atau pick up. Tp seiring waktu Alhamdulillah usaha saya berjalan
lancar saya sudah memiliki beberapa armada sendiri mulai roda 3, pikep, truk ( tp status truk gadai py orang).

5. Dan laen laen, dan laen laen yang masih banyak contohnya bila di posting disini.

Tp yg paling penting. Sebenarnya modal utama kita dalam memulai usaha adalah niat dan tekad. Dalam hal ini kita harus mencari cara atau usaha apapun untuk menggapai niatan kita. Percuma kita py modal besar tp niat usaha kita asal2an.
Intinya ;mengutip kata2 pendiri apple komputer “Kalau anda mencintai pekerjaan anda, anda pasti akan berhasil (steve jobs)”.
Salam Sukses..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar